Ini Dia Soft Skill Yang Harus Kamu Asah!

Sumber Gambar: freepik.com

Kamu tentu tidak asing dengan istilah soft skill bukan? Sebagai seorang pelajar, mahasiswa atau freshgraduate, kamu harus memiliki softskill dalam jiwamu agar mampu bersaing dengan banyak orang.

Dalam proses mengasah skill, kita dapat melakukannya bersama dengan keluarga, teman atau pembina yang dilakukan sejak usia kecil hingga dewasa loh guys. Jadi, dapat dikatakan bahwa proses mengasah soft skill merupakan proses tiada henti.

Usia dan pengalaman dalam mengarungi kehidupan juga turut serta mengasah soft skill yang kita miliki. Tapi, apa saja sih soft skill yang dapat kamu asah selagi masih muda. Yuk cari tahu!

Soft Skill Yang Harus Kamu Asah

Komunikasi

Komunikasi menjadi hal primer untuk bertahan hidup. Tanpa komunikasi, bukan tidak mungkin kehidupan ini tidak akan berjalan kurang lancar.

“Aduh, komunikasi kan gampang banget, tinggal ngomong cas cis cus selesai sudah!”

Eits, tidak semudah itu guys! Agar suatu hal dapat terjadi sesuai rencana dan berjalan dengan lancar, komunikasi adalah koentji.

Tanpa komunikasi tersampaikan dnegan baik, maka bukan tidak mungkin acara yang direncanakan terselenggara dengan lancar malah jadi kacau balau, aduh.

Oleh karena itu, komunikasi menjadi tumpuan utama manusia agar saling terhubung dan melancarkan aktivitasnya dengan baik.

Namun, bagaimana mengasahnya? Berbicara di depan cermin dan mengasah public speaking merupakan salah dua rekomendasi yang dapat Study House berikan.

Berbicara di depan cermin dapat melatih kamu untuk tampil percaya diri dan memahami ekspresi wajah diri sendiri ketika berbicara dengan lawan bicara. Sedangkan public speaking merupakan salah satu langkah solutif yang lebih kompleks agar kamu terbiasa berbicara mengenai suatu topik atau tema tertentu di depan audiens.

Berfikir kritis

Berfikir saja kini tidak cukup guys! Kalian harus belajar dan menerapkan cara berfikir kritis agar dapat bersaing dengan orang lain. Cara berfikir kritis sangat berguna untuk diterapkan, baik di dunia sekolah atau pun dunia kerja.

Jika kamu adalah siswa-siswi sekolah, berfikir kritis dapat kamu asah ketika berada di kelas saat sekolah dengan banyak bertanya materi-materi pelajaran yang belum dapat kamu pahami sepenuhnya atau menanyakan.

Jangan takut terlihat bodoh atau di olok-olok oleh teman hanya karena kamu suka bertanya. Bertanyalah, selagi pertanyaan yang kamu tanyakan pada gurumu dapat menambah wawasan teman-teman sekelasmu juga.

Berjiwa Kepemimpinan

Kamu tentu pernah mengikuti kegiatan pramuka kan? Nah itu adalah salah satu kegiatan untuk mengasah soft skill loh guys! Melalui pramuka, kamu akan belajar banyak hal mengenai kemandirian, cinta pada alam, dan tentunya dapat membantu dirimu memiliki sikap kepemimpinan.

Karakter kepemimpinan akan terbentuk sesuai dengan tingkatan usia serta pengalaman individu. Jika, kamu pernah menjadi ketua kelas, ketua OSIS dan ketua-ketua lainnya, selamat! Artinya, dirimu dapat menjadi tauladan pemimpin untuk bakal calon pemimpin-pemimpin hebat kedepannya.

Bekerja Tim

Sebagai makhluk sosial, tentu manusia membutuhkan orang lain. Hal ini berlaku untuk kamu yang sedang duduk dibangku sekolah atau perkuliahan hingga staf suatu perusahaan loh!

Bekerja secara tim membuat dirimu harus menurunkan ego, belajar untuk berkolaborasi, belajar menyamakan persepsi dan belajar untuk saling menghormati atas pendapat untuk satu tujuan yang sama.

Wah, cukup banyak juga ya soft skill yang harus dapat dimiliki dan diasah secara berkala. Jadi, tidak hanya berpatokan pada nilai akademik saja, soft skill di atas juga harus kamu miliki agar dapat menjawab tantangan dunia yang semakin kompleks kedepannya.

Lebih baik lagi, jika kamu dapat menyeimbangkan antara nilai akademik dan soft skill. Maka bukan tidak mungkin dirimu akan mudah untuk bersaing, entah dalam mencari pekerjaan, bertahan hidup, membuka usaha dan lainnya.