Kerja Dan Belajar: Pekerjaan ini Dapat Kamu Lakukan Selagi Jadi Pelajar!

Kamu adalah seorang siswa sekolah dan butuh tambahan uang jajan atau sekedar mengisi waktu luang di hari weekend, khususnya pada hari Sabtu dan Minggu? Maka kerja dan belajar dari beberapa pekerjaan ini dapat kamu lakukan di samping statusmu sebagai siswa lho!

Selain menambah uang, pekerjaan-pekerjaan ini cukup mudah untuk dilakukan, tidak menuntut banyak waktu serta kamu pun masih dapat bersenang-senang bersama teman-teman dan menikmati rebahan ketika pekerjaanmu telah usai dikerjakan. Ah, asyik dong!

Part Time Barista

Kerja Dan Belajar - Part Time Barista
Sumber gambar: pixabay.com

Kalian tentu tidak asing dengan menjamurnya coffee shop yang ada disekitar wilayah kalian, terutama di kota-kota besar. Kalian dapat melamar menjadi barista di coffee shop yang kalian inginkan.

Bekerja sebagai barista di sebuah coffee shop biasanya tidak menunut jam kerja yang lama dan dibagi berdasarkan sistem shift. Pengetahuan yang memadai pada dunia perkopian tentu akan menjadi nilai tambah jika dirimu memang tertarik dan memiliki passion sebagai barista.

Selain itu, barista juga merupakan salah satu pekerjaan yang tidak menuntut jenis kelamin tertentu untuk bekerja. Laki-laki atau perempuan, sah-sah saja menjadi Barista.

Dengan sistem kerja seperti itu, tentu kewajibanmu sebagi siswa sekolah tentu tetap menjadi yang utama.

Jasa Titip

Kerja Dan Belajar - Jasa Titip
Sumber gambar: pixabay.com

Jika kamu adalah anak yang hobi berbelanja atau senang berjalan-jalan berkeliling pusat perbelanjaan. Jangan lewatkan kesempatan emas untuk menjadi penyedia jasa titip.

Dengan bekerja menjadi penyedia jasa titip, kamu akan dihadapkan dengan kondisi yang membawa dirimu menjadi sering berkunjung ke pusat perbelanjaan. Kamu dapat mulai tawarkan jasa titip barang-barang di pusat perbelanjaan kepada teman atau keluarga terdekat terlebih dahulu

Hobi atau kesenanganmu dapat mengantarkanmu mendapatkan uang lho! Kamu dapat membuka jasamu melalui Instagram atau sosial media lain yang kamu punya dan mengunggah beberapa foto barang yang kamu tawarkan dari merk-merk tertentu di pusat perbelanjaan kepada followers-mu.

Ketika ada yang tertarik dengan jasamu, jangan lupa untuk tawarkan biaya jasa yang kamu terapkan pada bisnis jasa titipmu. Usahakan jangan mematok biaya jasa yang tinggi, mengingat persaingan jual-beli di dunia online yang semakin ramai. 

Postingan barang dan jasa yang konsisten akan dapat menarik minat calon pengguna jasamu Loh! Yuk cobain.

Jasa Cetak Tugas

Kerja Dan Belajar - Jasa Cetak Tugas

Kamu dan teman-temanmu tentu sering mendapatkan tugas sekolah kan? Nah, hal tersebut dapat menjadi ladang bisnis kecil-kecilan untuk kerja dan belajar lo!

Terlebih jika kamu telah memiliki modal, yaitu alat printer untuk mencetak tugas-tugas di rumah. Maka, jasa ini cukup menarik dan mudah untuk kamu lakukan.

Kamu hanya perlu memberitahu teman-teman sekolahmu bahwa dirimu membuka jasa cetak tugas. Maka, tidak perlu waktu yang lama, maka jasamu akan digunakan oleh teman-temanmu.

Kamu dapat mematok biaya jasa sewajarnya dengan harga yang umum seperti jasa cetak lainnya untuk membuka usaha jasa cetak tugas.

Jualan online

Kerja Dan Belajar - Jualan Online
Sumber gambar: pixabay.com

Pada zaman seperti saat ini, kita telah dimudahkan dalam pemenuhan kebutuhan sehari-hari melalui situs e-commerce. E-commerce menjadi salah satu alternatif, jika kamu susah mendaptkan barang yang kami ingin atau butuhkan di toko offliine atau jika toko offline yang ingin kamu kunjungi jaraknya cukup jauh dari rumah.

Terlebih, saat ini, belanja online telah menjadi budaya di kota-kota besar. Kamu harus dapat melihat peluang besar dari hadirnya e-commerce untuk membuka usahamu sendiri.

Barang yang kamu jual di e-commerce dapat beraneka macam. Untuk memudahkanmu menentukan barang apa yang dapat kamu jual di e-commerce, kamu dapat mulai menjual barang-barang dengan sistem dropship. Melalui sistem dropship kamu tidak membutuhkan proses penyetokan barang.

Sebagai dropshipper, kamu hanya membutuhkan smartphone dan kuota, maka kamu sudah dpaat berjualan online. Alternatif lainnya selain berjualan dengan sistem dropship adalah menjadi reseller. Kamu dapat membeli barang milik toko atau orang lain, menjualnya kembali dan menaikkan harga jualnya. Selisih dari kenaikan harga jual tersebut dapat menjadi keuntungan atau laba yang dapat kamu ambil. 

Jadi, kamu lebih tertarik yang mana nih untuk kerja dan belajar? Jualan online melalui sistem dropship atau reseller?

Freelance

Portrait of a pensive young girl making notes while sitting with books isolated over yellow background

Di kala kamu sudah lelah dan bosan rebahan, kamu dapat mengambil pekerjaan sebagai freelancer pada bidang yang kamu minati atau dengan kata lain sesuai dengan passionmu.

Sebagai contoh, jika kamu tertarik dan memiliki kemampuan pada bidang desain, kamu dapat menjadi freelancer pada bidang desain. Atau, jika kamu hobi menulis dan memiliki minat pada dunia jurnalistik, kalian juga dapat menjadi jurnalis lepas atau penulis artikel.

Eits, jangan remehkan penghasilan menjadi freelancer loh! Pekerjaan apapun jika kamu lakukan dengan suka cita, maka hasilnya tentu akan baik pula.

Terlebih, saat itu telah terdapat beberapa wesbite yang dapat mewadahi dirimu untuk menjadi freelancer berdasarkan kemampuan serta passion yang kamu miliki.

Dengan menjadi freelancer, kamu pun memiliki waktu yang tidak terbatas untuk bekerja dan bebas menentukan tempatmu untuk menyelesaikan pekerjaanmu.

Wah! Kamu tertarik untuk menjadi freelancer

Guru Les

Kerja Dan Belajar - Guru Les
Sumber gambar: pixabay.com

Jika kamu termasuk orang yang memiliki panggilan jiwa dan passion untuk memberikan ilmu yang kamu miliki untuk orang lain, maka menjadi guru les dapat menjadi salah satu pekerjaan alternatif.

Pekerjaan menjadi guru les cukup menarik, terlebih jika dirimu menguasai suatu ilmu atau mata pelajaran tertentu. Maka, dengan mudah dirimu akan dapat cepat beradaptasi dengan pekerjaan ini.

Jadi, gimana guys? Banyak juga ya rekomendasi pekerjaan yang kamu dapat lakukan sekarang juga di saat statusmu masih menjadi siswa sekolah.

Namun, ingat baik-baik, bahwa tanggung jawab dirimu untuk belajar sebagai siswa sekolah adalah yang utama. Pekerjaan-pekerjaan tersebut hanyalah sebagai sarana dirimu mendatkan pengalaman untuk mendapatkan rezeki.