Bendera Negara Unik: Bentuk Segitiga & Tidak Dominan Berwarna Ungu

Kalian pasti menyadari kan, kalau tiap bendera negara unik dan berbeda-beda? Perbedaannya dapat dilihat dari bentuk dan juga warna. Nah, pernahkah kalian melihat bentuk bendera yang tidak biasa dan dominan berwarna ungu?

Bendera Negara Nepal Paling Beda!

Bendera Negara Unik - Bendera Negara Nepal
Bendera Negara Nepal
Sumber Gambar: Travel Detik.com

Jika negara lain memiliki bendera negara berbentuk persegi panjang, maka negara Nepal memiliki bentuk bendera negara yang cukup unik dan berbeda dari negara lain.

Kalian tahu gak sih guys alasannya?

Dikutip dari Kompas.com (9/1/2020), Nepal merupakan negara berbentuk kerajaan dan bekas jajahan negara Inggris selama dua abad lamanya, yaitu pada abad ke-17 hingga abad ke-19.

Bendera Nepal terlihat paling berbeda karena merupakan gabungan dari dua bentuk berbeda yang berasal dari dua bendera Hindu, namun dari cabang yang berbeda. 

Ciri-ciri bendera Nepal

Negara Nepal mulai meresmikan bendera nasional mereka pada tahun 16 Desember 1962. Ciri-ciri yang paling mencolok dari bendera Nepal adalah, berwarna merah tua dan dikelilingi oleh warna biru tua di bagian tepi bendera.

Bendera Nepal berbentuk tumpukan dua buah segitiga. Lalu, terdapat lambang berupa bulan sabit dan sinar di bagian atas dan terdapat lambang matahari di bagian bawah.

Selain bentuk bendera negara yang tidak biasa, kalian juga pasti jarang menemui bendera negara dengan warna dominan ungu kan?

Tidak Ada Bendera Berwarna Dominan Ungu

Hayo, baru tahu kan guys? Ayo coba kalian cari tahu, negara mana yang menggunakan warna ungu sebagai warna benderanya?

Kalian bisa cek di buku ATLAS kalian, ada atau tidak?

Jawabannya adalah Ada. Tercatat, warna ungu mulai tercipta pada abad ke-19 Masehi. Namun ternyata warna ungu tidak begitu dominan digunakan sebagai warna bendera suatu negara. Waduh, kira-kira kenapa ya?

Dikutip dari lama kompas.com (18/4/2020), penyebab utamanya adalah karena warna ungu merupakan warna yang dihasilkan dari hewan siput dari laut Mediterania. Untuk mendapatkan cairan berwarna ungu membutuhkan sekitar 10.000 siput.

Oleh karena itu, hanya orang atau kaum-kaum tertentu saja pada zaman dahulu yang dapat menggunakan warna ungu. Itulah sebabnya, negara di dunia tidak menggunakan bendera unik warna ungu untuk bendera nasional mereka dikarenakanbiaya produksi warna ungu yang cukup mahal.

Negara Dominika dan Nikaragua

Bendera Negara Unik - Negara Dominika dan Nikaragua
Bendera Negara Dominika
Sumber Gambar: Travel Kompas.com

Negara yang menggunakan sedikit aksen berwarna ungu pada benderanya adalah negara Dominika dan Nikaragua.

Namun, bendera kedua negara tersebut muncul dengan aksen berwarna ungu dipadu dengan warna dominan lainnya muncul ketika abad-20. Di mana, pada abad ke-20 tersebut, telah ditemukan warna ungu sintetis.

Bendera Negara Unik - Bendera Negara Nikaragua
Bendera Negara Nikaragua
Sumber Gambar: Travel Kompas.com

Desain dari bendera ini terinspirasi dari bendera Federal Republic of Central America. Bendera Nikaragua yang sekarang digunakan sebagai bendera resmi negaranya telah diadopasi sejak 1908 dan diresmikan pada Agustus 1971.

Wah menarik ya guys! ternyata di balik sebuah bendera negara terdapat cerita dan sejarah yang menarik untuk dikulik lebih lanjut. Begitu juga dengan StudyHouse yang punya banyak cerita menarik menjadikan siswa lebih berprestasi.