Bu Tejo Viral dalam Film Pendek “Tilik”, Apa sih film pendek itu?

Beberapa waktu belakangan ini, Bu Tejo, nama salah satu karakter dalam film pendek berjudul “Tilik” cukup viral di media sosial seperti Youtube, Instagram dan Twitter.

Dikutip dari kolom deskripsi akun Youtube dalam channel Revacana Films, film pendek “Tilik” menceritakan mengenai seorang kembang desa bernama Dian.

Dian ramai diperbincangkan warga desa karena banyak laki-laki yang mendekatinya hingga datang untuk melamar dirinya, namun status dirinya yang masih lajang.

Hingga pada suatu ketika, Ibu Dian yang menjabat sebagai Bu Lurah di desa tempat Bu Tejo dan warganya tinggal jatuh sakit dan dilarikan ke rumah sakit.

Bu Tejo dan para warga desa lainnya berinisiatif untuk datang menjenguk (Tilik) Bu Lurah menggunakan truk ke kota. Sepanjang perjalanan di atas truk, Bu Tejo dan warga lainnya bergosip mengenai siapa yang akan menjadi pendamping hidup Dian.

Film pendek berdurasi 32 menit 42 detik tersebut sukses menjadi perbincangan viral warga internet saat ini karena beberapa adegan yang ditampilkan oleh karakter Bu Tejo dan warga desa lainnya, seperti Yu Ning dan lainnya yang cukup erat dengan kehidupan sehari-hari Ibu-Ibu.

Dialog Improvisasi Bu Tejo

Jika kalian telah menonton film pendek “Tilik”, terdapat beberapa dialog dalam bahasa Jawa yang cukup diingat, seperti “Dadi wong ki mbok yo sing solutip” (Jadi orang itu yang solutif). Menariknya, dialog tersebut merupakan dialog improviasi Siti Fauziah, sang pemeran karakter Bu Tejo.

Selain dialog serta alur cerita yang menarik, ekspresi mimik wajah serta ciri khas karakter Bu Tejo juga cukup mengesankan. Pasalnya, Bu Tejo dalam film pendek “Tilik” tersebut digambarkan sebagai sosok yang berbicara ceplas-ceplos serta gemar bergosip.

Walau viral saat ini pada tahun 2020, ternyata film pendek “Tilik” telah diproduksi pada tahun 2018 dan telah memenangi beberapa penghargaan, seperti Winner Piala Maya 2018 sebagai Film Pendek Terpilih, Official Selection Jogja Netpac Asian Film Festival 2018 dan Official Selection World Cinema Amsterdam 2019.

Namun di Indonesia, sepertinya film pendek belum mendapatkan sambutan yang cukup besar. Berbeda dengan film layar lebar yang kerap muncul di bisokop dengan judul serta karakter yang menjadi primadona masyarakat.

Eits, tapi apa sih film pendek itu? Memangnya, ada berapa jenis film sih?

Jenis-Jenis Film

Secara umum, film terbagi dari beberapa jenis. Dikutip dari buku karangan Panca Javandalasta (2011) berjudul 5 Hari Mahir Membuat Film oleh Panca Javandalasta, terdapat beberapa jenis film, diantaranya film dokumenter, film pendek dan film panjang.

Nah, untuk mengetahui lebih lanjut, kita akan bahas satu per satu, pengertian hingga contoh dalam jenis-jenis film tersebut

Film dokumenter

Dikutip dari ipsmfestival.com (21/9/2018) film dokumenter merupakan film yang diambil dari rekaman suatu kenyataan atau kejadian secara langsung. Salah satu contoh film dokumenter yang bisa kalian akses gratis melalui Youtube, adalah film dokumenter berjudul “Diam & Dengarkan”.

Secara umum, “Diam & Dengarkan” berisi isu mengenai kesadaran lingkungan, oleh manusia terhadap bumi. Film dokumenter tersebut berdurasi cukup panjang, yaitu 1,5 jam dan terbagi oleh beberapa segmen, di mana pada setiap segmen, penonton akan diceritakan oleh narator dari selebritis tanah air, diantaranya Christine Hakim, Dennis Adhiswara, Arifin Putra, Andien Aisyah, Nadine Alexandra hingga Eva Celia.

Film Pendek

Ciri khas yang dapat dilihat dari perbedaan antara film pendek dan film panjang adalah durasinya. Film pendek rata-rata memiliki durasi yang pendek (sesuai namanya), yaitu berdurasi kurang dari 60 menit. Seperti film “Tilik”.

Film Panjang

Sesuai namanya, film panjang memiliki durasi yang panjang, yaitu diatas 60 menit dan rata-rata durasinya berkisar dari 90 hingga 100 menit. Film panjang banyak ditemui diputar di layar bioskop. Jika kalian pernah menonton, Avengers End Game, itu adalah salah satu contoh film panjang yang super panjang dengan durasi hampir 3 jam.

Terlepas dari jenis-jenis film yang beredar di kalangan masyarakat saat ini, sudah seharusnya kita mengapresiasi karya film jenis apapun, tak luput dengan film pendek “Tilik” yang telah sukses mendapatkan 14 juta viewers dalam satu minggu penayangannya di Youtube pada (26/8/2020).

Kalau kalian belum lihat film pendeknya, kalian bisa langsung ke Youtube dan masukkan keyword “film pendek Tilik” di kolom pencarian Youtube ya guys!

Untuk kalian yang sudah nonton film pendek “Tilik”, share yuk di kolom komentar! adegan atau dialog bagian mana yang paling kalian ingat?