Protokol Kesehatan: Bahaya Jika Tidak Di Taati

Bahaya Jika Tidak Taat Protokol Kesehatan

Hingga saat ini, virus COVID-19 masih mengintai kehidupan kita. Alih-alih menghilang secara cepat, COVID-19 justru menyebar kian  meluas diseluruh penjuru dunia. Tidak ada hal lain yang dapat kita lakukan selain menaati protokol kesehatan guna meminimalisir diri dari penularan virus Corona. Salah satu caranya adalah dengan menaati protokol kesehatan.

Apa itu Protokol Kesehatan?

Dikutip dari website antaranews.com(26/6/2020), Ida Fuziyah, Menteri ketenagakerjaan mengatakan bahwa protokol kesehatan merupakan kebutuhan yang harus dilakukan ketika ingin melakukan aktivitas di tengah pandemi COVID-19. Protokol kesehatan harus benar-benar diimplementasikan oleh seluruh lapisan masyarakat agar terhindar dari adanya penularan serta pembentukan kluster baru virus Corona.

Standar Protokol Kesehatan di Indonesia

Terdapat beberapa poin protokol kesehatan yang wajib dilaksanakan oleh kita semua, dintaranya adalah menjaga kebersihan tangan. Mencuci tangan dianjurkan menggunakan air yang mengalir dan sabun cuci tangan, hand sanitizer dapat menjadi alternatif jika sedang berpergian dan sulit menjangkau air secara langsung untuk mencuci tangan.

  • Mencuci Tangan

Tidak hanya asal mencuci tangan, cara mencuci tangan pun harus diperhatikan dan dilakukan dengan seksama. Dimulai dengan menggosok bagian dalam tangan, punggung tangan, sela-sela jari tangan dan ujung-ujung jari.

Tidak disarankan untuk menyentuh wajah secara langsung menggunakan tangan kosong. Hal tersebut tentu sebagai upaya untuk menghindari diri dari penularan virus secara langsung pada bagian wajah, seperti mata, hidung atau mulut.

  • Etika Batuk atau Bersin di Tempat Umum

Selain itu, ikuti aturan batuk dan bersin ditempat umum dengan baik. Eh? Kok mau batuk dan bersin saja ribet sih?

Etika batuk dan bersin harus dilakukan sebagai upaya untuk mencegah diri kita menulari virus kepada ornag terdekat atau orang disekitar kita. Etika batuk dan bersin ini tidka hanya dilakukan ketika virus COVID-19 terjadi saja, namun harus selalu diterapkan dimanapun dan kapanpun.

Dianjurkan untuk batuk atau bersin dengan cara menggunakan lengan atas bagian dalam. Mengapa harus lengan atas bagian dalam? Karena lengan atas bagian dalam dianggap optimal untuk menutup mulut dan hidung sekaligus dan kontak lengan atas bagian dalam dengan wajah yang minim.

Selain menggunakan lengan atas bagian dalam, kita dapat menggunakan tisu bersih saat bersin dan batuk. Jangan lupa untuk selalu membuang tisu tepat pada tempat sampah.

  • Menggunakan Masker Kemanapun

Gunakanlah masker kemanapun. Kita telah banyak beredar bermacam-macam masker, mulai dari masker medis hingga masker masker kain, masker scuba dan lainnya. Namun, hal yang perlu diingat adalah bahwa masker kesehatan hanya disarankan hanya untuk penggunaan sekali pakai, sedangkan masker kain yang telah digunakan, dianjurkan untuk langsung mencucinya sesaat setelah digunakan.

  • Physical Distancing

Physical distancing atau berjaga jarak harus diupayakan, terlebih jika sedang berada di luar rumah. Jarak aman diri kita dengan orang lain paling tidak berjarak 1 meter agar tidak mengalami kontak langsung.

  • Jaga Daya Tahan Tubuh

Hal utama lainnya yang perlu diperhatikan dalam rangka menaati protokol kesehatan adalah dengan turut menjaga metabolisme tubuh. Menjaga metabolisme tubuh dapat dilakukan dengan cara makan-makanan seimbang (4 sehat, 5 sempurna), mengkonsumsi vitamin untuk menambah daya tahan tubuh sata beraktivitas, berjemur dibawah sinar matahari selama beberapa menit di pagi hari dan melakukan olahraga yang dapat dilakukan di dalam rumah.

Resiko Jika Tidak Patuh

Ada sebab, tentu ada akibat. Begitupun dengan protokol ini, jika kita tidak menaatinya maka akan ada resiko yang mengintai.

  • Peluang Terlular dan Menulari Virus COVID-19

Resiko terbesar ketika kita tidak menaati protokol kesehatan adalah besarnya peluang tertular dan menjadi penular virus Corona. Ketika kita berada dalam ruang publik, tentu kita akan melakukan kontak dengan individu lainnya. Hal tersebutlah yang menjadi penyebab utama penyebaran virus COVID-19 semakin cepat.

Selain itu, terdapat pula hukuman denda pada beberapa wilayah di Indonesia, jika kita tidak menerapkan protokol kesehatan, terutama pada poin “tidak mengenakan masker”. Beberapa daerah yang menerapkan denda bagi warganya yang tidak mengenakan masker adalah Bantul, Lebak, DKI Jakarta, Gresik, Banjarmasin dan tidak menuntut kemungkinan, daerah lain akan mengikuti langkah serupa.

Oleh karena itu, sudah menjadi kewajiban bersama untuk menaati protokol satu ini. Jaga diri kita masing-masing dari bahaya virus COVID-19.

Sayangi diri kita dan orang-orang disekeliling kita dengan menaati protokol kesehatan. Salam sehat!