Memahami Pertumbuhan Perkembangan Manusia

Memahami Pertumbuhan dan Perkembangan Manusia
Sumber Gambar: Kompas.com

Pertumbuhan dan perkembangan manusia. Kamu tentu menyadari perubahan yang ada pada dirimu sejak kecil hingga kini kan guys? Pakaian yang saat kecil kamu gunakan tentu tidak muat untuk kamu gunakan lagi saat ini. Itu tandanya, dirimu mengalami proses pertumbuhan dan perkembangan pada tubuhmu.

Sejak lahir di dunia, manusia tumbuh dan berkembang, umumnya hingga usia 20 hingga 25 tahun. Ketika telah melewati usia tersebut, berarti dirimu telah berhenti tumbuh dan beralih untuk menuju ke fase dewasa.

Pertumbuhan dan Perkembangan

Mengacu dalam ilmu biologi, pertumbuhan dapat dilihat dari perubahan bentuk tubuh secara fisik, pertambahan ukuran, tinggi, massa dan volume. Perkembangan bentuk tubuh juga menjadi bukti bahwa sel-sel yang ada dalam tubuh kalian menjadi lebih banyak, sehingga jaringan serta organ dalam tubuh ikut berubah.

Pertumbuhan yang terjadi pada tubuh kalian itu dapat dihitung loh! Kamu pasti pernah mengukur tinggi dan berat badanmu kan guys? Nah, hal tersebut adalah salah satu upaya kalian mengukur pertumbuhan kalian.

Sedangkan perkembangan merupakan sebuah proses yang tidak kasat mata, alias tidak dapat diukur dengan mudah menggunakan angka. Sebagai contoh, perkembangan dapat dilihat dari ketika bayi, kalian belum dapat memakan makanan seperti manusia dewasa, makanan yang dapat dikonsumsi bayi adalah bubur atau susu ASI.

Berbeda ketika kalian menginjak usia anak-anak, remaja hingga dewasa yang telah dapat mengkonsumsi beragam macam makanan dan minuman.

Faktor Eksternal & Internal

Terdapat dua faktor yang mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan manusia, diantaranya adalah faktor eksternal dan internal. Yuk, kita bahas satu per satu guys!

Jadi, faktor eksternal yang cukup mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan tubuh kita adalah makanan. Oleh karena itu kita disarankan untuk memakan makanan 4 sehat 5 sempurna yang kaya akan vitamin, serat, protein dan hal-hal yang baik untuk diserap tubuh agar perkembangan dan pertumbuhan kita dapat maksimal.

Sedangkan faktor internal dipengaruhi oleh hormon dan gen. Hormon memiliki peran untuk merangsang pertumbuhan tubuh kita. Jumlah hormon pertumbuhan manusia atau HGH (Human Growth Hormone) harus seimbang agar pertumbuhan tubuh menjadi baik. Jumlah hormon pertumbuhan manusia yang sedikit akan menghambat pertumbuhan manusia dan jika jumlahnya berlebih juga akan berbahaya.

Selain hormon, gen juga memiliki peran penting. Sebagai contoh, ketika kita dilahirkan oleh orang keturunan Asia, maka keadaan tubuh kita akan condong lebih kecil jika dibandingkan orang dari benua lain, seperti benua Eropa yang mayoritas memiliki ukuran tubuh lebih besar.

Jadi, bagaimana guys? Sudah paham kan tentang pertumbuhan dan perkembangan tubuh manusia? kalau belum, eits, tenang! Jika kalian masih ingin mengetahui banyak hal tentang proses pertumbuhan dan perkembangan manusia atau materi materi IPA lainnya, kalian bisa banget belajar di Study House.

Kunjungi laman Instagram kami @studyhouse.sby langsung dari smartphone-mu dan hubungi kami segera. Dapatkan penawaran kelas dan guru terbaik serta profesional dari kami. Tunggu apalagi? Yuk bergabung segera bersama kami.