(Pengalaman) Drama Keluarga di Hari Natal

Natal 2020 menjadi pengalaman yang meninggalkan kesan mendalam di benakku. Perayaan tahun ini memang berbeda dengan sebelum-sebelumnya. Bukan hanya karena pandemi, tapi juga drama keluarga yang membuat perasaan lebih campur aduk dari Natal yang biasanya.

Setiap tahun biasanya kami sekeluarga berangkat mengunjungi oma dan opa dari daddy dua hari sebelum Natal. Karena dari mommy, akung dan ama sudah meninggal beberapa tahun yang lalu saat aku masih SD.

Rumah opa dan oma dari daddy ini satu kota dengan rumah tante dan suaminya di Semarang, Jawa Tengah. Sementara kami tinggal di Surabaya sejak aku lahir, karena daddy memang bekerja di sini sampai sekarang.

Kebetulan daddy itu 3 bersaudara. Yang pertama tante, lalu daddy, dan om yang paling muda. Dia belum menikah dan masih tinggal sama oma dan opa. Kegiatannya banyak pelayanan gereja sama bisnis makanan.

Sejak awal masa pandemi, grup WA keluarga ramai soal covid-19. Sebelumnya sih juga sudah ramai. Biasa lah gosip dan guyonan garing keluarga. Tapi begitu covid-19 ini melanda seluruh topik jadi berubah mengarah ke situ.

Nah tante dan suaminya ini berprofesi dokter. Karena punya background kesehatan, mulailah tante sering share berita seputar covid-19. Hampir setiap hari mereka diskusi-diskusi kecil soal kesehatan. Terutama untuk opa dan oma yang sudah berumur katanya lebih rawan ketularan.

Nah, mulai dari sini mereka jadi bertengkar soal protokol kesehatan di rumah opa. Karena om sering pelayanan, sama tante dilarang keluar rumah sampai covid-19 hilang. Om nggak terima, ganti meminta tante nggak praktik.

Begitulah, sama-sama keukeuh dengan pendirian masing-masing. Padahal tiap tahun ke sana hampir nggak ada masalah berarti, fine-fine aja. Paling cuma karena om orangnya iseng, jadi suka bikin ramai di rumah oma dan opa.

Tahun lalu, dia bikin prank masuk rumah pakai baju hitam-hitam sama masker full semuka buat konten komunitas bisnisnya. Buat mengkondisikan orang-orang rumah, dia tektokan sama suaminya tante biar aksinya lebih lancar. Sekaligus merekam video diam-diam.

Begitu oma lihat sosok asing om, dia kaget banget sampai dilempar panci tua kesayangannya yang lagi dicuci. Busa sabunnya ke mana-mana. Untungnya nggak tepat sasaran, karena pancinya sampai bengkok. Nggak tahu gimana kalau kena kepala.

Besoknya om harus rela mengantar oma ke toko peralatan masak buat cari yang mereknya sama. Tapi dia kelihatan puas ketawa-tawa waktu menonton putaran ulang video prank itu bareng suaminya tante sebagai partner in crime. Dan nggak kelihatan kapok untuk mengulanginya lagi.

Tapi mungkin kejutan-kejutannya itu nggak akan terulang lagi. Karena sejak bertengkar di Whatsapp keluarga, om keluar dari grup. Nggak cuma itu, beberapa hari kemudian dia keluar dari rumah. Nggak tahu tinggal di mana setelah itu.

Daddy dan suaminya tante sudah coba mengundang om untuk masuk grup lagi, tapi nggak pernah diterima. Dihubungi via telfon nggak diangkat. Di-chat juga centang satu. Sampai tanya ke teman-teman dekat dan mantan pacarnya, nggak ada yang tahu. Om menghilang begitu saja.

Sejak itu, seperti chat di grup keluarga yang lengang, hubungan mereka juga renggang. Nggak ada kabar sama sekali selama berbulan-bulan. Kecuali chat basa-basi oma yang secara tersirat ingin anak-anaknya akur seperti dulu.

Hingga seminggu sebelum Natal, suaminya tante mengabari kalau tante sekarang sakit dan reaktif covid-19. Ia dirawat di rumah sakit tempatnya praktik. Katanya mungkin tertular di rumah sakit sekaligus kelelahan waktu dua hari nggak pulang menangani operasi.

Paniklah daddy dan mommy. Mau ke Semarang lebih awal untuk menemui opa dan oma yang pasti juga panik, tapi kantor daddy masih belum libur. Mommy juga masih ada orderan catering. Belum lagi, seminggu lalu ada berita kalau naik pesawat harus rapid test antigen PCR dulu. Jadi lebih ribet.

Biasanya kami sekeluarga memang naik pesawat kalau ke Semarang. Selain karena menghabiskan waktu jika perjalanan darat naik mobil, daddy dan mommy tahu aku gampang mabuk darat bila perjalanan panjang.

Waktu umur 11 tahun dulu pernah naik mobil ke sana. Belum sejam perjalanan, kursi mobil sudah basah semua karena nggak ada persiapan kresek. Alhasil, di rumah opa dari malam Natal sampai besoknya aku tiduran terus karena demam. Pulangnya aku sama mommy dinaikkan pesawat. Sementara daddy sama adik laki-lakiku naik mobil.

Balik ke cerita awal. Suaminya tante mencoba menghubungi om berulang kali. Selain mau mengabari bahwa tante lagi sakit, juga meminta dia untuk datang waktu perayaan Natal di rumah opa. Setidaknya kalau pun nggak pulang, dia mengabari. Terutama tante yang kata suaminya kepikiran sama om terus karena merasa bersalah.

Di sini aku merasa kasihan sama tante, karena pasien covid juga nggak bisa dijenguk. Dia pasti merasa sendirian di rumah sakit, dan hanya bisa menghubungi keluarga lewat video call. Itu pun waktunya dibatasi oleh rumah sakit karena harus istirahat dan penanganan dokter. Ketambahan kepikiran om, bisa stress kata suaminya kalau terus begitu.

Melengkapi kabar-kabar kurang enak sebelumnya, dua hari sebelum Natal opa telfon daddy bahwa kondisi oma drop. Katanya sempat pingsan waktu berjalan ke dapur untuk memasak buat persiapan Natal.

Menurut suaminya tante yang juga dokter, oma anemia karena jarang makan. Mungkin juga stress kepikiran om yang nggak ada kabar selama berbulan-bulan. Dia lalu meminta oma untuk istirahat aja selama tiga hari ke depan.

Itu artinya, kami nggak akan merayakan Natal bersama-sama.

Untuk pertama kalinya aku merayakan Natal di rumah aja. Hanya dengan daddy, mommy, dan adik laki-lakiku. Tanpa ada sosok opa dan oma dengan cerita masa kecilnya. Tanpa tante dan suaminya yang suka memberi kado mainan dan boneka dari film-film kartun kesukaanku.

Nggak ada sepupu-sepupu buat seru-seruan main game seharian seharian dan menghabiskan kue yang dibuat oma. Juga, om yang biasanya datang-datang kasih surprise yang bikin gemas kami semua. Dan mengajak saya dan keponakan lainnya beli jajan.

Atau sebenarnya, om lagi-lagi mau bikin kejutan seperti tahun-tahun sebelumnya? Awalnya aku sempat berharap kayak gitu. Tapi sampai hari Natal ini mau berakhir, nggak ada kabar apapun dari dia. Video call dengan oma, opa, suaminya tante dan sepupu-sepupu sedikit mengurangi rasa sedih karena nggak bisa merayakan Natal bersama.

Begitulah cerita Natalku tahun ini. Selamat Hari Natal semuanya, dan selamat menyambut tahun 2021. Semoga tahun depan lebih indah dari tahun pandemi ini.

(Diceritakan oleh narasumber Berprestasi yang tidak ingin disebutkan namanya)