Listrik Statis Gaya Coulomb Kelas 9 SMP

Berikut ini adalah materi, rangkuman, rumus, contoh, latihan soal dan jawaban soal dari pelajaran fisika tentang listrik statis kelas 9 SMP.

Ketika hujan atau ketika terjadi badai itu biasanya kalian itu mendengar suara petir. Jadi petir itu merupakan suatu gejala alam yang berhubungan dengan listrik statis

Fenomena petir tersebut diakibatkan adanya oleh awan di langit yang saling bergesekan sehingga menimbulkan kumpulan-kumpulan elektron.

Beberapa kumpulan elektron tersebut berpindah ke bumi sehingga dia menyebabkan kilatan dan suara yang sangat besar

Dari kejadian tersebut kita bisa melihat adanya loncatan elektron. Dan elektron juga masih ada hubungannya dengan Atom, dan atom memiliki tiga komponen utama yang terpenting yaitu:

  • Elektron
  • Proton
  • Neutron

Seperti penjelasan pada gambar bahwa Proton memiliki muatan negatif, kemudian proton memiliki muatan elektron positif, dan neutron memiliki muatan netral.

Gaya Coulomb

Jika dua benda memiliki muatan yang sama ketika didekatkan maka interaksi yang terjadi adalah tolak-menolak, misalnya muatan negatif dengan negatif maupun muatan positif degan positif.

Jika dua benda memiliki muatan yang berbeda yaitu muatan positif dan negatif ketika didekatkan maka interaksi yang terjadi adalah saling tarik-menarik. Dari kedua interaksi inilah yang disebut dengan gaya coulomb atau gaya listrik.

Pelajari lebih lengkap pelajaran Listrik Statis Gaya Coulomb Kelas 9 SMP mulai dari pengertian, rangkuman, rumus, contoh soal, jawaban soal dan lainnya pada video berikut ini.