Jadwal SNBP, SNBT, Dan Seleksi Mandiri 2023

Dalam aturan Permendikbud Ristek Nomor 48 Tahun 2022 yang ditetapkan oleh Mendikbud Ristek menjelaskan berbagai sistematis dan jadwal penerimaan mahasiswa dengan skema baru.

Diketahui ada tiga jalur seleksi yang bisa ditempuh untuk masuk PTN yang telah ditetapkan pemerintah, yaitu SNBP, SNBT, serta Jalur Mandiri.

SNBP merupakan singkatan dari Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi. Proses seleksi ini sebelumnya sering disebut dengan nama SNMPTN. 

Tapi dalam aturan baru ini ada perbedaan skema seleksinya antara SNMPTN maupun SNBP.

Sementara SNBT adalah Seleksi Nasional Berdasarkan Tes. SNBT saat ini menggantikan SBMPTN, dan tetap diantara keduanya memiliki perbedaan.

Selain SNBP dan SNBT sebagai jalur seleksi masuk PTN. Masih ada jalur Seleksi Mandiri yang aturannya mengikuti ketentuan masing-masing PTN.

Jadwal SNBP

Jadwal proses pelaksanaan dan pengumuman hasil SNBP dilakukan sebelum pelaksanaan SNBT. Tes SNBP menjadi proses paling pertama dibuka sebelum seleksi lainnya.

Pelaksanaan SNBP dimulai dari proses pendaftaran sampai dengan pelaksanaan seleksi prestasi. Hal ini telah tercantum pada pasal 10 Permendikbud Ristek Nomor 48 Tahun 2022.

Jadwal SNBT

Sedangkan SNBT dilaksanakan pada semester akhir tahun ajaran berjalan, lebih tepatnya sebelum pengumuman kelulusan pendidikan menengah hingga setelah pengumuman kelulusan pendidikan menengah pada tahun ajaran berjalan. 

Diperkirakan jadwal SNBT berlangsung di bulan Mei 2023.

Untuk proses pengumuman hasil tes SNBT dilakukan setelah pengumuman kelulusan pendidikan menengah.

Jadwal Seleksi Mandiri

Pelaksanaan seleksi secara mandiri oleh PTN berlangsung setelah pengumuman hasil SNBT. 

Dalam pasal 12 tercantum tentang peraturan jadwal Seleksi Mandiri akan dilakukan paling lambat di akhir bulan Juli 2023.

Akan tetapi, jadwal ini masih terbilang fleksibel. Karena pihak PTN dapat memperpanjang jadwal bilamana calon mahasiswa yang lulus seleksi pada Program Studi belum mencapai sekitar 50% dari jumlah total kuota.

PTN dapat memperpanjang gelombang seleksi secara mandiri sampai dengan tanggal 15 Agustus tahun berjalan.

Seluruh periode tanggal pelaksanaan dan pengumuman SNBP dan SNBT ditetapkan oleh Kemendikbud Ristek. 

Semua informasi terkait jadwal ini akan diumumkan melalui berbagai media resmi Kemendikbud Ristek.

Itulah informasi tentang jadwal SNBP, SNBT dan Seleksi Mandiri 2023. Hal paling terpenting adalah untuk belajar yang efektif agar dapat lulus pada tes seleksi masuk PTN.

Ayo bergabung pada program bimbel SNBT 2023 kami, 90% siswa kami sudah masuk PTN favorit dengan sistem belajar yang sudah teruji dan terbukti.