Jangan Asal Pilih, Simak 4 Jurusan Kuliah Paling Diminati Berikut

Sebelum mengambil ke jenjang kuliah, biasanya kamu perlu tahu jurusan-jurusan kuliah apa saja yang hendak kamu pilih. Satu persatu jurusan kuliah paling diminati akan kamu cari tahu dan kamu bandingkan dengan jurusan lainnya.

Menurut ahli Educational Psychologist dari Integrity Development Flexibility (IDF), Irene Guntur menyebutkan bahwa sebanyak 87 persen mahasiswa di Indonesia salah jurusan. Mayoritas disebabkan oleh ikut-ikutan teman, terlalu banyak mendapatkan saran, penawaran beasiswa, dan pertimbangan orang tua.

Kita akan bahas lebih lanjut mengenai poin kedua, yaitu terlalu banyak mendapatkan saran untuk memilih jurusan kuliah paling diminati. Biasanya saat menjelang akhir masa SMA, siswa banyak menerima saran jurusan baik dari pihak guru, teman sekolah, dan tawaran berkuliah di luar negeri. Jika siswa terburu-buru dalam memilih jurusan, alhasil kebanyakan dari mereka akan kecewa saat menyadari jurusan tersebut minim peminat.

Berikut beberapa jurusan kuliah paling diminati dan banyak disarankan oleh para orang tua.

1. Jurusan Psikologi

jurusan kuliah psikologi

Anggapan awal untuk mahasiswa jurusan psikologi ialah mahasiswa yang bisa membaca karakter seseorang. Dan juga, lulusan kuliah jurusan psikologi sering dianggap akan menjadi seorang psikolog ataupun HRD.

Pada faktanya, jurusan psikologi memang belajar tentang emosi dan sifat manusia, tetapi menggunakan metode ilmiah dan tes psikologi. Ilmu psikologi juga mempelajari mengenai syaraf, hormon dan mekanisme biologis manusia. Banyak banget peluang kerja jurusan psikologi, lho. Bisa menjadi ahli psikometri, konsultan, hingga dosen.

2. Jurusan Kuliah Hukum

biaya kuliah hukum

Mendengar kata ‘hukum’, kamu pasti beranggapan kalau lulus jurusan ini akan menjadi seorang pengacara, advokat, maupun notaris. Padahal lebih dari itu, lho.

Sebelumnya, kamu harus mengenal konsentrasi apa saja yang ada dalam jurusan hukum. Beberapa konsentrasi yang banyak peminatnya, meliputi hukum perdata, hukum lingkungan dan tata ruang, hukum ekonomi, hukum internasional, hukum pidana, dan hukum tata negara.

Nah, dari beberapa konsentrasi itu saja sudah tergambar dengan jelas kalau nantinya kuliah jurusan hukum bisa fleksibel bekerja di dunia kreatif, human resources, ahli hukum negara hingga mancanegara.

3. Minat Jurusan Bisnis

jurusan kuliah bisnis

Peminat jurusan bisnis juga amat banyak. Kuliah jurusan bisnis akan mengajarkanmu tentang administrasi bisnis, meliputi pembukuan, pengelolaan keuangan, dan mengkomersialkan produk. Jurusan bisnis juga merupakan kombinasi dari manajemen dan akuntansi.

Jurusan bisnis juga banyak dibutuhkan di perkantoran dengan gaji yang kompetitif. Pekerjaan untuk lulusan jurusan bisnis harus memiliki tingkat akurasi yang tinggi karena selalu menggunakan angka dan fakta dalam mengambil keputusan.

4. Jurusan Kuliah Paling Diminati : Teknik Informatika

sarjana teknik informatika

Kuliah di jurusan teknik informatika, berarti kamu akan belajar mengenai menggunakan teknologi komputer secara optimal guna menangani masalah transformasi atau pengolahan data dengan proses logika.

Akan banyak ilmu komputer yang bisa kamu kuasai di bidang ini, seperti proses perancangan, pengembangan, pengujian, hingga evaluasi sistem operasi perangkat lunak. Selama kuliah kamu akan banyak mengkaji pemrograman dan komputasi, dan dibekali pula dengan keterampilan merancang perangkat lunak.

Lulus dari jurusan Teknik informatika ini sangat menjanjikan lho di masa mendatang. Karena teknologi yang semakin canggih dan serba digital, mayoritas perusahaan akan membutuhkanmu sehingga mudah mendapatkan pekerjaan yang diimpikan.

 

Itulah keempat jurusan kuliah paling diminati yang bisa kamu jadikan referensi. Pastikan pilihanmu mengambil jurusan kuliah adalah karena minat dan ingin berkarir sesuai jurusan itu ya, jangan sampai menyesal ketika sudah memilihnya.