Fakta Unik Fisika pada Layar Smartphone

Pernah nggak guys kamu penasaran kok sentuhan kulit kita bisa menggerakkan layar sentuh smartphone? Nggak hanya smartphone, tetapi juga tablet, komputer, smartwatch, dan peralatan touchscreen lainnya. Ternyata touchscreen atau layar sentuh pada smartphone dipengaruhi oleh teori fisika elektron, lho! Kita pelajari lebih lanjut yuk mengenai fakta unik fisika pada layar smartphone.

Fakta unik Fisika: Elektron pada Tubuh Manusia Mempengaruhi Touchscreen Smartphone

tubuh manusia mengandung listrik

Pada dasarnya semua benda di dunia ini memiliki atom. Tubuh manusia juga. Listrik dalam tubuh manusia berasal dari atom yang terdiri dari Proton yang bermuatan positif, Elektron yang bermuatan negatif dan Neutron yang memiliki muatan netral.

fisika elektronika

Ion-ion bermuatan positif atau negatif ini terlihat ketika kita menyentuh sesuatu dengan muatan listrik yang berlawanan.

Normalnya, atom dalam tubuh manusia dalam keadaan yang seimbang. Namun, jika salah satu atom dalam tubuh kita kelebihan muatannya, maka atom tersebut akan mencari atom lainnya untuk melepaskan aliran listrik.

Pada aktivitas sehari-hari, seperti saat kamu berjalan di atas karpet, gesekan terjadi dan akan menghasilkan penumpukan elektron. Kemudian penumpukan elektron ini akan terlepas saat kamu menyentuh sesuatu yang berlawanan muatan.

Elektron di ujung jarimu akan menghilangkan elektron yang bermuatan sama di layar smartphone. Lalu sirkuit listrik terbuka dan program sensor akan melakukan perintah yang kamu inginkan.

Fakta Unik Fisika: Air dalam Tubuh Manusia Bermuatan Listrik Murni

aliran listrik tubuh manusia

Untuk lebih jelasnya begini, badanmu adalah penghantar terbaik arus listrik secara terus menerus. Mengapa begitu? Karena 60% dari tubuhmu adalah air.

Meski secara kimiawi air murni adalah isolator, air kebanyakan di dalam tubuh manusia itu tidak murni. Air di dalam tubuhmu kaya akan ion atom dan molekul-molekul yang mempunyai muatan listrik murni atau bersih.

Jadi, pada saat kamu menekan sebuah aplikasi, jarimu berfungsi seperti saluran listrik ke-3. Ia berinteraksi dengan bidang listrik yang sudah ada, yang menimbulkan arus listrik lemah yang berjalan melalui jari-jarimu dan pada akhirnya, kembali ke dalam ponsel.

That’s why kamu tidak dapat mengoperasikan smartphone dengan kuku jari atau benda lain karena mereka tidak memiliki muatan listrik yang sesuai.

Sudah paham kan guys hubungan antara listrik di ujung jari kita dengan layar touchscreen. Kira-kira fakta unik fisika apa lagi ya yang mau kita bahas?