Anak Susah Diajak Belajar? Ini Dia 5 Solusi Anak Kesulitan Belajar

Banyak dari para orang tua mencari solusi anak yang kesulitan belajar. Banyak yang mengeluhkan bahwa anaknya susah saat diajak belajar atau mengerjakan PR. Ada yang karena kecanduan gadget, ada yang kelelahan karena banyaknya jam belajar dan ekstrakurikuler di sekolah, ada yang malas belajar, dan banyak alasan lainnya.

Padahal, penting juga untuk menyisihkan waktu belajar saat di rumah demi perkembangan otak anak dan peningkatan kemampuan akademiknya. Nah, lalu bagaimana solusi anak yang sulit belajar? Tak perlu bingung, ini dia beberapa tipsnya.

1. Dampingi Proses Belajar Anak

cara belajar di rumah agar tidak bosan

Sebagai orang tua, tunjukkan kepedulian terhadap apa saja yang dipelajari anak di sekolah. Kemudian ajaklah untuk belajar. Dampingi anak dalam proses belajar di rumah, ajaklah sharing beberapa hal yang belum ia mengerti. Dengan begitu, anak jadi tidak merasa belajar sendirian dan terbantu dalam proses belajarnya.

2. Hargai Setiap Usaha Anak sebagai Solusi Anak Sulit Belajar

cara mengajari anak belajar

Jika anak mendapatkan nilai yang kurang memuaskan, jangan langsung memarahinya. Hal itu akan mematahkan semangat belajarnya. Cobalah untuk berkomunikasi dengan anak, apa saja kesulitan yang dihadapinya pada saat ujian berlangsung. Apresiasi setiap hasilnya, tetapi tumbuhkan juga semangat dan komitmen agar anak lebih tekun lagi belajar memperbaiki hasil nilainya.

3. Solusi Anak Kesulitan Belajar dengan Mengatur Jam Belajar Anak

cara mengatur waktu belajar yang efektif

Salah satu kunci agar anak konsisten dalam belajar yaitu dengan mengatur jam belajar anak saat di rumah. Misalnya membuatkan jadwal setiap jam 7 malam setelah makan, adalah waktu anak untuk belajar. Terapkan sejak anak masih di bangku SD, sehingga hingga memasuki masa SMA pun anak akan biasa belajar dengan sendirinya.

4. Bimbing Anak Menyusun Sistem Belajarnya Sendiri

ruang belajar anak di rumah

Setelah berkomunikasi dengan anak tentang pelajaran apa saja yang ia dapat di sekolah dan menanyakan kesulitan-kesulitan yang dialami anak, arahkan anak pada tujuan belajarnya dan damping ia menyusun sistem belajarnya sendiri.

Biarkan anak memilih perlengkapan belajar, mengatur ruang belajar, dan menempelkan catatannya atau sticky notes pada dinding ruang belajar. Jika anak mampu menyusun sistem belajarnya sendiri, ia akan lebih memahami proses belajar dan lebih bertanggung jawab.

5. Mendaftarkan Anak pada Bimbingan Belajar

tempat les inggris terbaik

Jika sebagai orang tua, Moms dan Dad sibuk bekerja atau mengurus bisnis yang membuatnya tidak bisa mendampingi anak belajar di rumah, solusi terbaik adalah dengan mendaftarkannya di lembaga bimbingan belajar di sekitar sekolah ataupun rumah.

Mengapa? Karena di lembaga bimbingan belajar, anak akan terbiasa dengan lingkungan yang kondusif untuk belajar, teman-teman yang bersaing dalam proses belajar, dan guru-guru yang sudah expert dalam mengajar. Dengan begitu, Moms bisa tenang anak tetap rajin belajar dan menemukan solusi dari kesulitannya.

 

Itulah tips-tips untuk solusi anak kesulitan belajar di rumah. Mulai rutin terapkan sejak dini, ya. Jika Moms mencari bimbingan belajar terbaik di Surabaya, Moms bisa mendaftarkan anak Moms disini.