Tips Menaikkan Nilai Rapot Anak

Siapa yang tak mau mempunyai nilai rapot yang sempurna di sekolah. Pastinya setiap anak dan orang tua menginginkannya. Demi mencapai nilai rapot yang baik tak semudah membalikkan telapak tangan, karenanya banyak para orang tua yang memilih mendaftarkan anaknya pada bimbingan belajar. Tetapi, sebagai orang tua, ada beberapa tips menaikkan nilai rapot yang harus diterapkan pada anak sejak saat ini. Apa saja tipsnya?

1. Melatih Konsistensi dan Disiplin dalam Belajar

Untuk menaikkan nilai rapot, sebagai orang tua harus melatih konsistensi dan disiplin dalam belajar. Dimulai dari disiplin mengerjakan PR setiap harinya dan disiplin dalam belajar sebelum ujian tiba. Lakukan dengan konsisten dan lakukan tes sederhana untuk menguji kemampuan anak.

2. Aktif dalam Kelas

siswa aktif bertanya

Tanyakan pada guru ataupun wali kelas apakah anak aktif di kelas atau tidak. Karena bila anak tak memahami suatu materi, makai a akan kebingungan saat sampai di rumah, bahkan saat mengerjakan soal ujian. Kemampuan anak juga akan meningkat bila ia aktif berdiskusi dan mencatat hasil pelajaran.

3. Evaluasi Materi yang Belum Dimengerti Anak

Sebagai orang tua juga harus care terhadap prestasi dan kemampuan anak. Oleh karenanya, jika anak mendapatkan nilai yang kurang memuaskan, cobalah bertanya tentang materi apa yang belum dimengerti anak dan evaluasilah pemahaman anak.

4. Tumbuhkan Keinginan untuk Memiliki Prestasi Akademik

prestasi akademik siswa

Tumbuhkan sifat ingin bersaing pada anak. Jelaskan pada ana kapa saja keuntungan jika ia memiliki prestasi akademik yang membanggakan, misalnya mudah mendapatkan beasiswa, mudah masuk kuliah yang ia mau. Dengan begitu, anak akan lebih fokus dan lebih rajin belajar.

5. Lebih Banyak Menggali Informasi dan Pengetahuan

belajar di perpustakaan

Banyak sumber informasi yang bisa dengan mudah digali di zaman sekarang. Rekomendasikan anak untuk menjelajah fasilitas perpustakaan sekolah, internet, hingga youtube untuk menggali banyak informasi dan pengetahuan yang terkait dengan pelajaran yang saat ini diampunya.

 

Itulah beberapa tips untuk menaikkan nilai rapot pada anak. Lakukan secara konsisten dan selalu lakukan evaluasi kemampuan anak jauh sebelum jadwal ujian berlangsung.

Untuk meningkatkan kemampuan belajar anak, Moms juga bisa mendaftarkan anak belajar di Study House dengan bimbingan para guru yang berpengalaman dan expert dalam mengajar.