6 Tips Belajar Matematika yang Efektif

Belajar matematika kerap kali dianggap para siswa pelajaran yang sulit untuk dimengerti. Padahal, dengan mempelajari matematika, kamu bisa melatih otak untuk berpikir logis, juga melatih ketelitian dan kecermatan. Bagaimana sebenarnya tips belajar matematika yang efektif itu sendiri.

Padahal matematika juga akan berguna bagi kehidupan sehari-hari nantinya. Misalnya untuk menghitung keuangan selama sebulan, menghitung perbandingan jarak dan kecepatan, menghitung luas permukaan dinding rumah untuk pengecatan, dan lain sebagainya. Matematika juga akan sangat berguna di dunia kerja nanti.

Oke guys, bagi yang masih sulit memahami kerumitan matematika, inilah tips belajar matematika yang efektif untuk kamu terapkan.

1. Ubah Mindset tentang Matematika

belajar matematika hitung cepat

Tips belajar matematika efektif yang pertama yaitu ubah dulu mindset bahwa matematika itu sulit dan rumit. Matematika tidaklah sulit dan bisa dipahami. Ingatlah juga guys bahwa matematika dibutuhkan setiap harinya, sehingga matematika perlu kamu pelajari. Dengan berpikir positif, kamu akan termotivasi untuk belajar matematika lebih giat lagi.

2. Ingat dan Pahami Konsepnya

Setiap materi pembelajaran matematika mempunyai pola dan rumusnya tersendiri. Karena itu, sebelum belajar kamu harus memahami konsep materinya. Lihat pola pengerjaan dan rumusnya. Bila gurumu pernah menjelaskan materi itu, pahami catatan di buku tulismu.

Kemudian jangan hanya berkutat pada rumus. Matematika itu perlu praktek berkali-kali agar mudah dipahami. Sehingga kamu perlu mencoba beberapa latihan soal.

3. Tips Belajar Matematika yang Efektif: Pahami Rumusnya

tips pintar matematika

Rumus matematika biasanya harus kamu pahami baik-baik. Bukannya untuk sekedar dihafalkan saja tanpa mengerti maksud dari rumusnya.

Pahamilah apa fungsi rumus itu dan digunakan untuk menghitung apa. Jika kamu telah memahaminya, maka logikamu sudah berjalan. Selanjutnya kamu akan mengerjakan soal yang berbeda dengan pola yang sama akan sangat mudah karena kamu terus mengingat rumus tersebut.

4. Ketahui Trik Cepat Mengerjakan Soal

Beberapa rumus dan pola pengerjaan yang panjang sebenarnya punya cara cepat untuk dikerjakan. Kamu bisa mencari tahu dari mesin pencarian, video pembelajaran yotube, atau mengikuti les di lembaga bimbingan belajar. Selalu tanyakan kepada tutornya, apakah ada cara yang lebih cepat untuk mengerjakan soal rumit yang sedang kamu pelajari.

Jika ada rumus atau trik mengerjakan soal yang lebih cepat, kamu bisa menerapkannya untuk mengerjakan PR matematika atau soal ujian matematika dengan lebih cepat. Hal ini akan membuat waktumu lebih ringkas saat mengerjakannya dan menyisakan banyak waktu untuk mengoreksi hasil jawabanmu Kembali.

5. Tips Belajar Matematika dengan Efektif: Banyak Mengerjakan Latihan Soal

Tak seperti ilmu-ilmu lain yang butuh hafalan untuk mempelajarinya secara mendalam, matematika justru memainkan logikamu dan juga melibatkan angka di dalamnya. Karenanya, untuk mempelajarinya lebih dalam, kamu perlu banyak-banyak latihan soal.

Kamu bisa membeli buku bank soal matematika atau bisa mencari soal-soal secara online. Kamu akan bisa memahami bahwa meskipun soal-soalnya menggunakan angka yang berbeda, pada prinsipnya soal-soal itu mempunyai skema penyelesaian yang sama.

6. Berani Bertanya pada Guru atau Teman

motivasi belajar matematika

Jika kamu telah memahami rumus dan mencoba mengerjakan latihan soal tetapi masih belum bisa mengerjakan soal tersebut, kamu bisa bertanya pada guru atau temanmu yang sudah berhasil mengerjakannya.

Pahami solusi pemecahan dari soal yang sulit tersebut. Dengan sudut pandang orang yang berbeda, kamu bisa lebih mengerti cara mengerjakan dengan pola yang lebih beragam.

 

Itulah enam tips belajar matematika efektif kamu terapkan di rumah maupun di sekolah. Jangan pernah menyerah akan satu soal matematika yang belum bisa kamu kerjakan. Setelah kamu bisa mengerjakannya, kamu akan ahli menghadapi soal-soal yang sulit sekalipun.

Butuh bimbingan untuk belajar matematika? Kamu bisa mendaftar di Study House dengan banyak tutor yang profesional dan expert di bidangnya.