Inilah Alasan Pentingnya Liburan Bersama Keluarga

Momen liburan adalah salah satu momen berharga dan kesempatan untuk melepas penat bersama orang-orang tercinta. Sebagai orang tua, setelah sekian lama sibuk dengan pekerjaan, kini saatnya bersantai bersama anak-anak. Sebaliknya, bagi anak-anak yang selama ini sibuk belajar di sekolah maupun tempat kursus, momen ini juga menjadikan mereka semakin dekat dengan orang tuanya. Nah, apa saja sih pentingnya liburan bersama keluarga? Ini beberapa alasannya.

1. Pentingnya Liburan Bersama Keluarga untuk Mempererat Hubungan Keluarga

rekomendasi liburan keluarga

Kebersamaan keluarga pada momen liburan akan menimbulkan kedekatan seluruh anggota keluarga. Dengan adanya komunikasi dan pengalaman-pengalaman bersama akan begitu mengasyikan. Hubungan keluarga yang harmonis akan terbentuk saat liburan bersama.

2. Liburan Keluarga dapat Meningkatkan Perkembangan Otak Anak

aktivitas liburan anak

Liburan dan menjelajah alam atau tempat wisata dapat mengaktifkan beberapa area penting pada otak anak. Menurut Dr. Margot Sunderland, salah satu ahli psikoterapi asal Inggris, “Banyak yang tidak tahu bahwa liburan juga bermanfaat bagi perkembangan otak anak.”

Perkembangan terjadi pada bagian otak yang bernama lobus frontal. Bagian ini berperan pada fungsi kognitif anak, kecerdasan sosial, dan kemampuan fokus anak. Perkembangan ini sangat bermanfaat bagi kehidupan anak nantinya.

3. Orang Tua dan Anak Butuh Penghilang Stress

apa manfaat liburan keluarga

Berlibur membuat pikiran dan jiwa jadi lebih rileks. Dari interaksi-interaksi sederhana bersama keluarga di tengah suasana yang tenang akan menghilangkan stress itu sendiri. Jadi, untuk mengurangi stress, setiap akhir pekan Moms dan Dad bisa mengagendakan jalan-jalan santai bersama anak.

4. Kenangan Saat Liburan akan Menjadi Jangkar Kebahagiaan

artikel tentang liburan keluarga

Mayoritas anak akan mengingat momen-momen liburan bersama keluarga bahkan saat mereka dewasa nanti. Memori masa liburan itu bisa membantu anak melewati masa-masa sulit di hidupnya nanti. Karena itulah liburan bisa menjadi “jangkar kebahagiaan” yang tak terlupakan.

 

Setelah mengetahui alasan pentingnya liburan bersama keluarga di atas, jangan pernah ragu untuk mengajak keluarga berlibur bersama. Banyak destinasi yang recommended untuk dijelajahi bersama keluarga dan saling membuat unforgettable moment.