Tips Menjadi Juara Olimpiade Sains Nasional

Pejuang Juara Olimpiade Sains Nasional mana nih suaranya?

Olimpiade Sains Nasional, sebuah kompetisi akademik yang setiap tahunnya bisa diikuti oleh sebagian besar siswa yang berprestasi di bidang akademik mulai dari tingkat SD/MI, SMP/MTs, dan SMA/MA.

Pada tingkat SD/MI, terdapat bidang Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika. Berbeda di tingkat SMP/MTs, ada bidang Matematika, IPA, dan IPS. Sedangkan di bidang SMA/MA terdapat 9 bidang yang bisa diikuti, yaitu; Matematika, Fisika, Kimia, Biologi, Informatika/Komputer, Astronomi, Ekonomi, Kebumian dan Geografi.

Nah, bagi kamu yang ingin mengikuti Olimpiade Sains Nasional dan menjadi juara, ada beberapa tips nih yang perlu kamu lakukan.

1. Kumpulkan Materi yang Dibutuhkan

cara mendaftar olimpiade sains nasional

Pertama-tama kumpulkan materi yang dibutuhkan yang akan muncul pada soal-soal Olimpiade Sains Nasional (OSN). Ketahui batasan mareri agar belajarmu tepat sasaran dan lebih terstruktur.

2. Tips Jadi Juara Olimpiade Sains Nasional: Giat Berlatih

contoh soal olimpiade sains nasional

Tingkatkan level kemampuanmu dengan giat berlatih. Berlatihlah menyelesaikan soal-soal. Kemudian lakukan evaluasi materi mana yang kurang kamu kuasai.

3. Ingat Esensi, Bukan Seluruh Materi

olimpiade sains nasional ekonomi

Belajarlah konsep atau materi dasarnya saja, bukan keseluruhan materi. Bagaimanapun bentuk soal yang kamu hadapi akan bertumpu pada konsep dasarnya.

4. Dahulukan Soal yang Mudah

pemenang olimpiade sains nasional 2023

Olimpiade Sains Nasional biasanya terdapat tiga kategori soal, yaitu soal mudah 50% , soal menengah 30% dan soal sulit 20%. Agar tidak membuang-buang waktu, kerjakan soal yang mudah terlebih dahulu.

5. Perhatikan Mekanisme Penilaian

soal olimpiade sains nasional matematika sd

Sistem penilaian olimpiade sains nasional biasanya menggunakan sistem plus dan minus. Nilai benar mendapat poin +4, nilai salah mendapat -1, kemudian jika tidak diisi mendapat nilai 0.

 

Itulah beberapa tips untuk menjadi juara olimpiade sains nasional. Tak kalah penting, kamu harus menjaga kesehatan agar tetap fit menghadapi soal-soal olimpiade.

Biar makin fokus belajarnya, kamu bisa belajar untuk mengikuti Olimpiade Sains Nasional di Study House.