3 Cara ‘Menipu Otak’ untuk Belajar Bahasa Baru dengan Cepat

Tertarik belajar Bahasa Jepang, Bahasa Perancis, atau bahkan Bahasa Korea? Atau kamu dituntut mahir satu bahasa asing selain Bahasa Inggris dalam waktu dekat? Gimana sih cara belajar bahasa baru dengan cepat?

Nah, terapkan cara ‘menipu otak’ berikut ini jika kamu ingin cepat hafal dan mahir belajar bahasa asing guys 🤩

 

Cara Belajar Bahasa Baru dengan Cepat: Pelajari Secara ‘Darurat’

tips cara belajar bahasa inggris

Belajar bahasa baru di luar bahasa yang kita ketahui tentunya sangat mengasyikkan. Tetapi belum tentu ‘otak’ kita mau melakukannya di luar jam sekolah.

Nah, tanamkan dalam benak bahwa kamu harus mempelajari bahasa ini dalam waktu dua minggu, misalnya. Otak akan merespon deadline dan menyerap bahasa baru secara cepat.

 

Buat Vocab yang ‘Relevan’ dengan Kehidupanmu

cara belajar 2 bahasa sekaligus

Otak mungkin susah menerima kata-kata asing yang sebelumnya tidak kita mengerti. Nah, kaitkan dengan kehidupanmu, misalnya dalam rutinitas sehari-harimu.

Belajar bahasa baru secara cepat bisa dimulai dari kosa kata memanggil mama, papa, adik, kakak, hingga mengucapkan selamat pagi atau selamat malam.

 

Melatih Hafalan Bahasa Baru dengan Jeda Waktu

les bahasa inggris terdekat

Menurut penulis asal Amerika, Gabriel Wyner, dalam bukunya Fluent Forever: How to Learn Any Language and Never Forget It, ada teknik pengulangan berjarak sebagai cara belajar bahasa kedua.

Tujuannya untuk mengekspos otak pada bahasa yang tepat saat kita akan melupakannya. Bahkan dalam empat bulan, metode ini terbukti berhasil membuat kita ingat sekitar 3600 kata dengan akurasi 90-95%.

 

Itulah cara menipu dan memotivasi otak agar belajar ekstra untuk menghafal bahasa baru. Kuncinya membiasakan ya guys jadi coba sering menonton film, mendengarkan musik, bahkan mengajak bestie-mu bercakap-cakap menggunakan bahasa asing.

Ingin mahir Bahasa Inggris? Kamu bisa daftar di sini.